Thursday, October 16, 2014

Resume Buku "Cashflow Quadrant" by YEA 23


Buku ini secara garis besar menjelaskan tentang mengapa beberapa orang bekerja lebih sedikit namun menghasilkan pendapatan lebih banyak. Di lain hal, tidak sedikit orang bekerja lebih banyak namun demikian mendapatkan penghasilan yang jauh lebih sedikit daripada tipe orang sebelumnya.

Cashflow Quadrant menggambarkan tentang berbagai macam pekerjaan yang dimiliki orang-orang di seluruh dunia yang terbagi dalam 4 kuadran yaitu :


1. E (Employee)
Employee atau bisa disebut juga sebagai pegawai/karyawan adalah orang-orang yang bekerja untuk orang lain baik itu di pemerintahan ataupun perusahaan swasta, baik itu memiliki jabatan tinggi ataupun rendah. Tipe pekerjaan ini memiliki gaji tetap dan waktu kerja yang tetap pula. Orang-orang yang berada di kuadran ini mencintai keamanan kerja dan keadaan finansial yang stabil bagi hidup mereka serta mereka cukup takut untuk mengambil resiko.

2. S (Self Employee)
Kuadran ini disebut juga sebagai pekerja lepas yaitu orang-orang yang bekerja untuk diri mereka sendiri seperti dokter, akuntan publik, pengacara, seniman, pedagang bisnis kecil, dll. Tipe orang pada kuadran inimencintai kebebasan berekspresi dan melakukan segala sesuatunya dengan cara mereka sendiri. Sayangnya, mereka kurang memiliki kemampuan dalam mendelegasikan pekerjaan kepada orang lain.

3. B (Business Owner)
Biasa disebut sebagai pemilik bisnis yang telah memiliki sistem bisnis sehingga mereka tidak perlu selalu hadir untuk mengawasi bisnisnya karena mereka memiliki orang-orang yang bekerja untuk mereka dalam mengawasi bisnis tersebut tetap berjalan. Yang menarik pada kuadran ini adalah , bisnis tetap bisa berjalan meskipun sng pemilik bisnis sedang jalan-jalan. Ciri khas tipe kuadran ini adalah orang-orang bekerja untuk pemilik bisnis.

4. I (Investor)
Orang-orang pada tipe ini adalah mereka yang menginvestasikan sejumlah uang pada sebuah perusahaan dan mendapatkan laba berkali lipat. Investasi terkait dengan manajemen usaha perusahaan dimana melibatkan kecerdasan finansial dan ini adalah area dimana uang diputar dalam sebuah perusahaan untuk menghasilkan jumlah uang yang lebih besar. Di kuadran ni, uang bekerja untuk investor.

Kuadran E dan S terdapat pada kuadran kiri yang mana orang-orang pada kuadran ini mereka berkerja mencari uang yang artinya bila mereka bekerja, akan mendapatkan uang. Sebaliknya, bila tidak bekerja merka tidak akan mendapatkan uang. Akhirnya, mereka terpaksa selamanya unutk bekerja agar uang pun tetap mereka dapatkan.

Kuadran B dan I terdapat pada kuadran kanan yang artinya para pelaku di kuadran ini tidak serta merta langsung mencari uang. namun mereka mencari aset dulu, membangunnya sehingga aset itulah yang akan menghasilkan uang untuk mereka yang mana disebut penghasilan pasif, maka mereka memiliki kebebasan akan waktu dan uang yang tidak dimiliki oleh orang-orang pada kuadran kiri.

Menurut Robert T.Kiyosaki, pada kuadran Kanan, disitulah kebebasan finansial berada. Disebabkan di kuadran inilah penghasilan pasif diperoleh yang mana jumlah uang yang didapatkan memiliki kemungkinan lebih besar untuk berkembang dibandingkan dengan penghasilan aktif pada kuadran kiri.
Oleh : Rezano Prayudi Putra (Mahasiswa YEA 23)

Cara menjadi "B" dan "I" yang sukses
* Ambil langkah kecil 
Daripada kita melakukan "lompatan besar kedepan", Robert T Kiyosaki menyarankan kita untuk mengambil langkah kecil ke depan. Keberhasilam finansial jangka panjang tidak diukur dengan berapa besar langkah kita. Keberhasilan finansial jangka panjang diukur dengan jumlah langkah yang kita ambil, arah yang kita tuju dan jumlah tahun yang dihabiskan. Itulah formula bagi setiap keberhasilan atau kegagalan dalam upaya apapun. Disini Robert T Kiyosaki mencontohkan dengan orang yang ingin melakukan diet. 

* Menikmati proses, jangan pengen instan
Jalur sukses yang dianjurkan oleh Robert T Kiyosaki adalah mulai dengan langkah kecil, menuju berjalan, baru kemudian berlari. Seperti saat kita ingin memakan gajah, kita tidak bisa langsung menghabiskan daging gajah tersebut tetapi harus dipotong dan dimakan sedikit demi sedikit. 
Begitupun dalam proses mempelajari buku ini  untuk sukses di kuadran "B" dan "I" akan sangat terasa sulit kalau kita mencoba melakukan samuanya dalam satu minggu. Jadi kembali lagi mulailah dengan langkah kecil. Begitupun dalam membangun sebuah bisnis, Tidak ada yang instan.

* Harus bertindak mengalahkan tidak bertindak
Slogan Nike "Just Do It" merupakan saran yang terbaik. Tapi sayangnya di sekolah kita juga sering mengatakan "Jangan melakukan kesalahan". Ada jutaan orang yang berpendidikan tinggi yang ingin bertindak, tapi mereka dibekukan oleh rasa takut emosional melakukan kesalahan. 
Ketika kita bertindak dan melakukan kesalahan, setidaknya kita sudah belajar sesuatu secara mental, emosional, atau fisik. 
"Orang yang tidak berani bertindak karena takut melakukan kesalahan, mungkin secara mental pandai, tapi emosi dan fisik mereka lumpuh" 

Kualitas orang yang terlahir miskin untuk bisa menjadi kaya :
1. Memiliki visi serta rencana jangka panjang 
2. Percaya pada penundaan hasil
3. Menggunakan kekuatan penggandaan untuk keuntungan mereka

* Buatlah impian yang muluk dan kemudian raihlah sedikit demi sedikit 
Dengan kata lain, buatlah langkah kecil dan bukannya lompatan tinggi melewati tebing. Buat target harian yang bisa dicapai, yang pencapaiannya memberikan dorongan positif untuk membantu kita tetap berada di jalur menuju impian besar kita.
Oleh : Ilham (Mahasiswa YEA 23)


Noted : 
Tetap maju dan tekun!
Biarkan saja mereka tertawakan pelannya langkahmu. 
Maju terus dan tekun.
Cita-Cita besar butuh waktu!
Cita-cita besar tidak dibangun semalam.
Bangun dasar suksesmu dengan kuat dan tangguh!




No comments:

Post a Comment