Tuesday, September 2, 2014

I'm Sanguinis People



Seseorang dengan tipe kecerdasan Sanguinis atau Influence adalah seseorang yang sangat mengedepankan hubungan dengan orang lain, atau istilahnya people-oriented. Anda dapat menemukan orang dengan tipe ini biasanya dengan ciri-ciri antara lain : orang ini umumnya murah senyum, ceria, mudah tertawa lepas, suka bicara apa saja, yang biasanya diiringi dengan tangan dan badannya yang ikut bergerak-gerak saat berbicara. Orang ini juga biasanya sangat memperhatikan fashion yang up to date, misalnya mode baju terbaru atau berwarna cerah, atau rambut yang dicat pada wanita misalnya. Ciri penampilan lain adalah kegemaran untuk memakai warna-warna pakaian yang cerah, dasi yang bercorak tidak simetris, dan sebaginya.
Kekuatan utama dari orang tipe Sanguinis atau Influence ini adalah kemudahannya untuk bergaul dengan orang lain. Orang ini juga biasanya optimis dan terbuka. Sebagian besar orang tipe ini juga adalah orang yang kreatif secara alami serta punya rasa ingin tahu yang besar. Antusiasmenya menyala-nyala. Prinsip kerjanya adalah Let’s Do it the Most Comfortable Way, atau Mari kerjakan dengan cara yang paling menyenangkan !

Sedangkan kelemahannya secara umum adalah : orang ini cenderung kurang well-organized dan kurang disiplin, kadang-kadang suka melebih-lebihkan perkataannya, dan mudah dipengaruhi oleh orang lain. Orang tipe Sanguinis ini mudah tertekan ataustress apabila terjebak pada pekerjaan yang monoton karena orang ini sangat membutuhkan variasi atau dinamika tinggi dalam hidup dan pekerjaannya. Hal lain yang dapat membuatnya tertekan adalah kurangnya perhatian orang lain padanya, atau apabila dia sudah tidak menjadi fokus utama lagi dalam lingkungannya. Reaksi terhadap stress biasanya adalah dengan cara meninggalkan pekerjaan atau ganti pekerjaan. Perlu diketahui bahwa seorang wiraniaga atau salesperson secara alamiah cocok dengan kepribadian tipe ini. Oleh sebab itu, pekerjaan ini paling banyak turn over atau terjadi keluar masuk karyawan lama & baru setiap saat. Cara lain melampiaskan rasa tertekannya adalah dengan shopping alias pergi berbelanja.
Dalam rangka The Right Man on the Right Place, orang tipe ini secara alami cocok untuk pekerjaan yang :
  • Pekerjaan yang membutuhkan kreativitas tinggi, misalnya bidang periklanan atau advertising

  • Pekerjaan yang membutuhkan banyak interaksi dengan pihak lain, seperti kehumasan, selling atau penjualan, dan lain-lain

  • Atau pekerjaan yang membutuhkan “sentuhan ringan” seperti : interior designer, ahli tata rias wajah, dekorasi perkawinan, dan lain sebagainya

  • Motivator atau pembicara seminar mengenai motivasi

  • Dan lain-lainnya
Nah, setiap manusia punya keunikan tersendiri, bukan? Namun tidak ada satupun kepribadian yang lebih baik atau lebih buruk satu dengan yang lainnya. Tetapi yang lebih penting adalah kita menyadari kecenderungan dan kelemahan kita, serta dapat mengantisipasinya di lingkungan tempat kita berada. Pribadi sanguinis umumnya selalu membawa keceriaan di lingkungan sekitarnya.

-------------------------------------------------------------
Kenali pribadi anda.. hehe
saya sanguinis people n i love it ;)

No comments:

Post a Comment